Jumat, 21 Agustus 2015

Little story “dia ternyata sudah menghadap allah” July - August, 2010









(SMAN 13 Bandar Lampung), Di bulan july 2010 gua adalah siswi baru di SMAN GALAS BL. Setiap pagi gua selalu dianter berangkat sekolah dengan ayahanda (kiss hug). SMAN 13 itu jauh sih dari rumah, makanya sering lama dijalan jadi gk mood sampe sekolah. Gua tuh kalau pas menuju kelas pasti ada aja yang gua pikirin. Dulu nih kalau SD dan SMP pasti ada aja someone yang gua suka wkwk. Begitu juga saat SMA. Tapi rasa itu muncul nya gak tiba-tiba, ngalir begitu aja saat liat dia. Dia ini memang tidak begitu keren, apalagi ganteng, pinter juga ya biasa ajalah, Cuma dia itu manis, kalem dan pria baik-baik (kayaknya). 


Gua masuk dikelas X6, dia ada di kelas X5. Sampingan mungkin perkiraan kalian. Iya emang kalau dari urutan kelas X1, X2, X3, X4, X5, X6 berderet. Cuma lokasi atau tempat kelas gua doang yang terpisah. X1, X2 X3 berderet kelasnya, X4 dan X6 berderet, X6 doang yang deket kantor guru. Makanya sulit kalau mau ribut dikelas, pasti aja kedengaran dari kantor wkwk, untungnya gua terlahir menjadi siswa yang tidak suka bising-bising begitu. 


Karena kelas gua yang terlampau lumayan jauh dari X5 kelasnya dia, jadi gua Cuma bisa merhatiin dia secara jarak jauh, dulu mata gua belum minus, jadi wajah dia itu masih bisa tertangkap oleh mata gua. Dulu itu gua sangat tidak ekspresif. Kalau suka sama orang mana ketara, ngapa ngapa gak berani, Cuma bisa liatin dia doang. Jadi nih setiap gua berangkat sekolah lewat depan kelas dia pasti kepala gua nih nengok ke arah kanan tanpa nengok kekiri atau kedepan, kadang gua takut nabrak orang aja, kalau nabrak dia gapapa wkwk.


Saat jam istirahat gua selalu bareng dengan kawan akrab gua (mba aulya, mba desty, mba ncut, kak monic, teh maya dan emak syariah). Kalau ke kantin yaa gua pasti nyari sosok si dia itu. Gua itu belum tau namanya, gua juga gak mau cari tau namanya, soalnya gua kan suka dengan orangnya langsung, gak penting namanya siapa. Pernah suatu ketika, pas lagi upacara bendera, ada hal yang buat kita kita tuh pada ketawa, gua sama dia termasuk. Dia itu ketawa sambil noleh kearah gua, karena gua sampingan sama dia. Gua sontak yang posisinya lagi ketawa tiba-tiba langsung refleks masang muka kaget dan bengong dong, dia awalnya masih tetep ketawa pas liat gua, tapi tiba tiba langsung diem juga mungkin karena ngerasa aneh kali yaa liat gua yang masang muka kaget dan bengong depan dia wkwkwk!
Gua lupa sih kapan awal mula suka sama dia, Cuma ya ngalir aja, berjalan nya waktu jadi sering inget dia. Temen-temen pun gak ada yang tau kalau gua suka dengan si anak X5 itu. Karena mereka taunya kalau gua ini lagi pdkt dengan anak X4. Jadi gua diem-diem suka dengan dia itu. Gua kepikiran sih mau cari no hp dia, Cuma gua itu ragu banget. Gua juga takut sebenernya, lagi pdkt dengan X4 tapi malah diem-diem suka dengan cowok lain juga wkwk *nakal*. Jadi akhirnya gua Cuma bisa ngeliatin dia dari jarak jauh aja. 


Gua hafal banget dengan motor dia yang warna hitam (sensor merk). Dengan jaket dia yang abu-abu. Dengan helm dia pun gua inget waktu itu, tas ransel dia yang warna nya hitam juga. Postur badan dia yang gak tinggi dan gak pendek. Warna kulit dia yang sawo matang, alis dia yang lumayan tebal. Rambut dia yang rapih. Gua biasanya kalau menilai pria ya dari tatanan rambut. Jadi walau jauh sekalipun gua tau kalau itu dia!


Gak lama sih gua ngeliat dia, kali baru beberapa minggu aja, soalnya setelah itu libur LEBARAN. Pas masuk sekolah kembali gua masih kepikiran dengan dia. Apalah ya, Cuma gitu-gitu aja, gak ada komunikasi. Tapi tujuan suka sama dia pun bukan buat dapetin dia, Cuma ngikutin hati aja. Dihari pertama masuk sekolah setelah lebaran wakepsek nyuruh kita baris dilapangan, tapi kita dengan posisi duduk. Gua liat temen-temen pada nunduk. Apalagi kelas X5, ada yang nangis. Gua sama mba aul dan desty malah cekakak cekikik coba wkwk. Tapi setelah wakepsek menjelaskan apa tujuannya baris begitu, gua langsung diem tapi gak fokus. Karena mata gua nyariin si dia, tapi si dia gak ada di barisan cowok X5. Karena gk mungkin dia ada dibarisan cewek X5, gua tau si dia itu cowok tulen. Ada yang meninggal!!! Itu kata kawan-kawan gua, wakepsek langsung mimpin doa. Cuma gua itu gak denger sih siapa yang ninggal. Ya intinya anak X5 ada yang meninggal deh, gua ikut berdoa juga Cuma gak khusyu’. Mata gua itu nyariin dia, iya dia!! Tapi dia gak ada..


Sampainya dikelas lagi, mba ncut dan kawan-kawan pada ngumpul lagi nyeritain soal anak X5 yang meninggal itu. Cuma gua gak ikut ngumpul, gua mainan pena nyoret-nyoret meja. Gua itu masih penasaran kenapa dia gak masuk. Apa liburannya kurang? Apa dia sakit? Oh mungkin dia gak tau kalau masuk nya hari itu, temen-temen soalnya banyak yang gak masuk juga. 


Dihari kedua, ketiga, keempat bahkan seminggu. Gua masih gak nangkep dia di mata gua. Gua itu kangen sebenernya wkwk ya liburan sebelum lebaran dan sesudah lebaran itu kan lama loh. Begitu pun gak ketemu dia lama banget. Gua sih masih lancar-lancar aja pdkt dengan anak X4 itu. Karena emang dia berani deketin gua, jadi gak ada salahnya nyoba wkwk.
Sampe di minggu kedua pun dia gak keliatan, khawatir banget gua. Tanpa sepengetahuan kawan-kawan, gua dateng ke kelas X5 terus nanya salah satu dari mereka, gua nanya ke anak cewek yang pake jilbab, gua yakin cwek2 model begini gak akan ember mulutnya.
“boleh nanya gak mbak?” ,, “iya boleh, mau nanya apa?” katanya.  “dia kok gak pernah masuk sekolah ya?” (pertanyaan yang aneh banget menurut gua).  “dia siapa ya?” .. “aku gak tau namanya sih, Cuma dia itu bawa motor hitam (sensor merk). “Oh itu, ada 2 mba yang bawa motor begitu, Cuma sekarang Cuma si abim yang bawa motor kaya gitu” katanya.  “Abim yang mana mba?” . ditunjukkin deh ya gua sosok si abim itu. Bukan si abim yang gua maksud.


Terus dia tiba tiba bilang “dulu si alm.juliansyah bawa motor begitu juga mba”.  “almarhum?????” ada fotonya mbak?. Dan sayangnya cwek itu gk punya foto si juliansyah itu. Gua masih positif thinking saat itu.
Terus pulang sekolah, gua kewarnet. Gua buka facebook, di beranda itu banyak status begini “semoga lo tenang disana yang friends”, “lo inget gak kenangan kita jul?”, “semoga amal dan ibadah mu diterima di sisi allah swt _ ahmad juliansyah (tag). Gua berfikirnya, ah ini mah yang meninggal waktu itu kali ya. Tapi kok diberanda itu banyak status begitu walau udh hampir 2 minggu dia meninggal. Nah pas di status kawan gua si husen! Langsung tuh gua buka tag nama ahmad juliansyah.


ASTAGFIRULLAH YA ALLAH RABBI !!! Gua mundur tiba-tiba kebelakang tembok, mata gua melotot, bibir gua kaku, jari-jari gua dingin dan basah, jantung gua deg-deg an, nafas gua berasa lelah kaya habis lari 6 putaran dilapangan, ngos ngos an. Air mata gua ngalir gitu aja sebegitu derasnya, sama hal nya mengalir aja gua suka dengan dia. Entah berapa detik gua diem natap layar pc. Kaku banget  mulut gua untuk bilang “ITU DIA! DIA YANG GUA CARI DI X5! DIA YANG SELALU GUA PERHATIIN SAAT GUA DUDUK DIDEPAN KELAS, KANTIN, PAS UPACARA, SEGALA MACAM BENTUK KEGIATAN GUA DISEKOLAH SEBELUM LIBURAN TIBA GUA HABISKAN BERAPA PERSENNYA UNTUK MERHATIIN DIA!!!” rasanya susah mau ngomong begitu, demi allah susah :”(
Sumpah, pikiran gua acak-acakan. Gua susah berpikir positif saat tau dia udah meninggal! bodohnya gua baru tau namanya AHMAD JULIANSYAH setelah dia udh gak bisa gua pandang lagi, ya allah. Kenapa gak berani minta no hp nya, untuk sekedar kenalan? Kenapa gak berani negor dia saat ketemu disekolah! Cuma bisa liatin dia dari kejauhan :”( saat wakepsek mimpin doa untuk anak X5 yang meninggal, kenapa gua gak tau kalau itu doa untuk DIA! Untuk dia!!!


Kenapa gua malah gak khusyu’ berdoa? Itu doa untuk dia orang yang gua suka :”( itu untuk dia! Gua malah ketawa ketiwi sama temen2, padahal yang lain lagi khusyu’ berdoa untuk dia! Dia yang gua pikir sakit atau lupa masuk sekolah, ternyata udah gk ada! Yaallah gk ada yang menyadarkan gua. Gua salah gk cerita dengan temen2, mungkin mereka akan bantuk kasih tau ke gua. Kenapa gua taunya begini lamanya. 


Bahkan dia belum sempet tau kalo gua suka dengan dia, merhatiin dia dari kejauhan, bahkan dia gk tau itu!!! Bagaimana dia bisa tau kalau gua aja begini cara menyukai dia, gak ekspresif, bodoh! Bodoh banget!  Gua itu kangen dia! Kangen banget..
Saat diwarnet gua lusuh banget mukanya. Air mata gua gak karuan keluarnya, baju gua bagian kerah basah banget, pipi gua basah, mata gua kaya genangan air, bulu mata gua basah, bahkan rambut gua basah karena keringetan nginget keras dia. Mau keluar dari warnet tapi malu. Ntar orang mikir yang aneh-aneh liat keadaan gua begini. Gua langsung nelpon mbak gua buat jemput gua di warnet. Sebisa mungkin gua elap tuh pipi dan mata gua, tapi gua ngerasanya mata gua agak bengep. 


Besok nya gua langsung nanya sama mba ncut soal alm juliansyah. Dia cerita tentang tragedi kecelakaan yang menimpa dia. Rasanya gua gk kuat dengernya, Cuma gua tahan air mata untuk gk netes. Mereka semua gak ada yang tau kalau gua punya cerita sebegini rumitnya. Mba ncut gk nanya apa-apa, dia Cuma lancar cerita. Gua ke wc langsung nangis lagi.
Jadi dia kecelakaan pas perjalanan mau kerumah mama nya? Di jatuh kejurang? Dia berangkat dengan pamannya, dia posisi lagi tidur dalam mobil? Pamannya bergegas lompat sampai gak sempet bangunin dia dari tidur dia yang akhirnya tidur panjang selamanya, yaallah sakit tau kenyataannya begitu. Cuma pamannya selamat, dia? Dia enggak :”( 
Gua sempet liat beberapa video di fb dia. Dia itu dimandiin gitu seteleh kecelakaan. Dia pake celana bokser warna biru, masih ada luka di tangan dan bagian kepala. Wuuuh rasanya hati gua sakit luar biasa. Gak kebayang sesakit apa dia ngerasainnya sampe dia gak kuat dan meninggal :”( T.T


Banyak hal yang gua bayangin setelah kejadian yang menimpa dia. Sebegitu rumitkah keluarga dia? Sebegitukah dia jalanin hidup dia disini tidak dengan papa dan mamanya? Sebegitu butuh kasih sayang kah dia? Rasanya mau meluk dia dan bilang “jangan sedih ya, kamu pasti bisa kuat, kamu harus bisa sukses dikemudian hari, tunjukin ke papa dan mama kalau kamu bisa mandiri”.  TELAT!
Dengan cara apa bisa membawa dia ke dunia lagi? Dengan cara apa bisa mengulang lagi waktu yang kemarin terlewatkan?


Walau saat itu gua masih kepikiran dia. Gak buat gua berhenti pdkt dengan cwo X4 itu. Karena di bulan september tanggal 13, tahun 2010 gua jadian dengan dia, dia anak paskibra di sekolah gua. Pulang sekolah sering dianter dia, banyak cerita yang gua kasih ke dia, tapi tidak dengan cerita istimewa gua yang satu ini. Bahkan si botak itu mampu buat gua sedikit bisa ngelupain masalah yang lalu, X5 keramat banget buat gua, itu kelas sangat istimewa buat gua. Sayang dia gak bisa liat secara langsung gua punya pacar setelah kejadian itu. Gua yakin allah kasih tau ke dia, kalau gua pernah menyukai dia, gua menangis saat tau dia gk ada. 


Gua udah gak nangis lagi, gua malah senyum kalau inget dia. Bahkan setelah gua putus dengan X4 anak paskib itu, gua jadian lagi dengan anak X4 inisial nya (R), Cuma gak lama. Setelah itu gua jadian dengan temen sekelas gua (A), terus cowok terakhir gua di SMAN13 gua jadian sama abim reitanza.  Abim yang motornya sama kaya dia dulu waktu kelas X. Gua jadian sama abim pas kelas         X dengan cara yng unik, gua sempet putus dengan dia Cuma balikan dikelas XI, dan akhirnya putus juga dan berteman sampai sekarang. Dikelas XI gua terasa punya seseorang lagi, gua suka dengan dia dari kelas XI (XI IPS 3) sampai sekarang gua udah kuliah semester 5! 1 kontak bbm, twitter, fb dan instagram. Percaya atau enggak, gua masih suka dengan dia (M. A) tanpa alasan, ngalir aja! Mau dia bagaimanapun itu gk merubah rasa gua kedia. Sampai sekarang!! Sampai detik ini gua masih sering mimpiin dia, mungkin kangen? . Dia gak noleh, tapi rasa gua gak berubah sampai detik ini. Oke, balik ke cerita tentang alm juliansyah wkwk

Buat gua ahmad juliansyah itu cowok yang ramah dan baik. Disaat dia meninggal aja banyak yang sedih bahkan nangis. Gua gak tau seberapa berharga nya dia bagi temannya, yang pasti saat itu dia begitu berharga buat gua.
Semenjak saat itu gua jadi orang yang ekspresif, kalau suka ketara, kalau gak suka juga ketara. Jadi orang ekspresif itu bener-bener gak rugi loh. Kita akan tau sampai dimana keadaan yang baik, buruk, enak dan gak enak bersama kita. 


Sekarang, 21 agustus 2015. Udh sekitar 5 tahunan juliansyah gak ada disini. Pada bulan agustus begini 2010 dulu juga gua masih merhatiin dia. Gua berharap allah selalu meluk dia di surganya. Dia disayang allah. Amin ya rabbal alamin.


*We love you*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar